makanan jalur pantura

Makanan Jalur Pantura Wajib Dicoba Saat Mudik Lebaran

makanan jalur panturaMakanan Jalur Pantura Wajib Dicoba Saat Mudik Lebaran, Kalau kalian salah satu yang ikut mudik melalui jalur pantura, jangan lupa untuk mencicipi beberapa kuliner lokal yang sayang banget kalau dilewatkan. Kuliner-kuliner ini juga cocok untuk disantap sebagai menu buka puasa loh.

Apa saja? Yuk simak selengkapnya di bawah ini:

1. Empal Gentong, Cirebon

Makanan yang berkuah memang paling pas sebagai menu berbuka puasa. Ketika sedang melewati Cirebon, jangan lupa buat coba empal gentong. Makanan ini sebenarnya mirip dengan gulai, kemudian dimasak menggunakan kayu bakar di dalam gentong.

Isinya biasanya adalah jeroan sapi dan daging. Di antaranya adalah usus, babat, paru, limpa, dan daging sapi. Salah satu penjual empal gentong yang cukup dikenal adalah Empal Gentong Mang Darma di Jalan Kerucuk.

2. Sauto (Soto dan Tauco), Tegal

Salah satu kuliner yang menarik dari Tegal adalah sauto. Sebenarnya ini adalah sama seperti soto pada umumnya. Namun yang berbeda adalah rasa yang ditonjolkan adalah rasa tauconya yang merupakah ciri khas dari soto ini.

Lalu di mana kita bisa menemukan Sauto ini? Kalian bisa langsung tancap gas ke Soto Pasar Senggol di dekat alun-alun.

3. Pindang Tetel, Pekalongan

Pekalongan yang terkenal dengan sebutan Kota Batik, juga memiliki beberapa makanan khas, salah satunya adalah pindang tetel. Disebut begitu jelas karena bahan utamanya adalah tetelan sapi dengan daun bawang yang membuat kuliner ini lebih wangi.

Bicara masalah bumbu, adalah kluwak yang dipakai untuk membuat pindang tetel ini. Untuk mencari makanan ini, kalian bisa langsung ke Desa Ambokembang, karena di sini banyak yang menjualnya.

4. Mangut Lele, Kendal

Jika biasanya membuat mangut menggunakan ikan laut; ikan kakap, di Kendal mangut dibuat menggunakan ikan air tawar, yaitu menggunakan ikan lele. Bisa jadi Kendal merupakan satu-satunya yang menjual mangut lele. Makanan ini bisa ditemui di Jalan Pantura Kaliwungu.

5. Tahu Gimbal, Semarang

Gorengan merupakan salah satu menu yang menjadi favorit untuk berbuka puasa. Ketika di Semarang, ada yang namanya tahu gimbal yang bisa kita coba untuk membatalkan puasa. Isi dari tahu gimbal itu sendiri adalah tahu goreng, gimbal, tempe, irisan kol, dan disiram dengan bumbu kacang. Buat yang tidak tahu, gimbal adalah udang goreng tepung. Kuliner ini bisa ditemukan di Simpang Lima.

6. Sate Kerbau, Kudus

Sate kebo merupakan salah satu kuliner khas yang ada di Kudus. Mungkin bisa juga dikatakan bahwa Kudus merupakan satu-satunya penjual sate dari daging kerbau ini. Dagingnya ini terasa sangat empuk digigit, ditambah dengan bumbu bacem yang membuatnya semakin istimewa.

Penjual sate Kudus yang terkenal adalah Min Jastro, bisa ditemui di Jalan KH Agus Salim. Tempat makan ini buka pada pagi hari puk 7:30 – 10:00 dan sore hari pada 17:00 sampai 21:00.

7. Becek Menthok, Tuban

Kuliner yang ini seperti kari atau gule dengan berbagan dasar menthok (menyerupai bebek). Rasa dari sate menthok ini adalah gurih, empuk, bawang merahnya, dan rempah-rempah. Biasanya di penjual becek menthok tidak hanya menjual menthok, tetapi ada juga ayam.

Untuk menemukan kuliner khas ini, bisa mengunjungi Sor Sawo yang terletak di Jalan Majapahit gang Buyung.

8. Soto Lamongan, Lamongan

Makanan yang satu ini sudah pasti kalian tahu. Karena soto lamongan sudah terkenal seantero Indonesia lezatnya. Ciri khas dari soto lamongan adalah kuahnya yang berwarna kuning berminyak dengan rempah di dalamnya.

Penasaran di mana bisa menmukan penjual soto lamongan yang enak di Lamongan? Kalian bisa ke Depot Asih Jaya, ada di Jalan Pangilma Sudirman. Perlu diketahui kalau rumah makan ini selalu ramai dikunjungi oleh para pembeli.

9. Rawon Kalkulator, Surabaya

Sampai di Surabaya, saatnya mencoba rawon kalkulator. Sebenarnya ini adalah rawon biasa yang tidak menggunakan kalkulator di sebagai bahan-bahan pembuatannya. Hanya saja dikatakan rawon kalkulator karena kecepatan pramuniaga dalam menghitung harga yang kita pesan.

Sebenarnya nama aslinya adalah Sedap Malam, namun sebutan kalkulator ini diberikan oleh pengunjung. Unik ya? Di sini tidak hanya disediakan rawon, tetapi ada juga soto. Penasaran pengen tahu seberapa cepat mereka menghitung jumlah harga makanan kamu? Datangi aja langsung ke Taman Bungkul.

Itu tadi adalah rekomendasi makanan yang wajib dicoba ketika mudik melewati jalur pantura. So, bagi kalian yang mudik melewati jalur ini jangan lupa mampir ke rumah makan yang sudah kami infokan di atas. Selamat mudik, stay safe di jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *