Macam-Macam Asuransi Jiwa yang ada di Indonesia

Category : ASURANSI, BISNIS
Macam-Macam Asuransi Jiwa yang ada di Indonesiaby adminon.Macam-Macam Asuransi Jiwa yang ada di IndonesiaAsuransi sendiri dikenal dalam berbagai jenis atau macam dan dikelompokkan sesuai dengan fokus dan resiko. Fokus dan resiko inilah yang menentukan ukuran keseragaman dalam resiko yang ditanggung sesuai jenis kebijakan. Hal ini akan digunakan perusahaan asuransi untuk mengantisipasi potensi kerugian serta menetapkan tingkat premi yang ditawarkan sesuai dengan jenis asuransi masing-masing. Secara umum, ada empat […]

Asuransi sendiri dikenal dalam berbagai jenis atau macam dan dikelompokkan sesuai dengan fokus dan resiko. Fokus dan resiko inilah yang menentukan ukuran keseragaman dalam resiko yang ditanggung sesuai jenis kebijakan. Hal ini akan digunakan perusahaan asuransi untuk mengantisipasi potensi kerugian serta menetapkan tingkat premi yang ditawarkan sesuai dengan jenis asuransi masing-masing. Secara umum, ada empat macam asuransi jiwa yang ditawarkan perusahaan asuransi, yaitu:

 

  1. Asuransi Berjangka (Term Life) 

Asuransi ini biasanya menawarkan kontrak 5, 10, atau 20 tahun. Selama masa kontrak, premi yang dibayarkan tetap dan terhitung murah. Tapi bila ingin memperpanjang masa kontrak, premi naik. Premi akan hangus begitu kontrak selesai, sehingga uang pertanggungan yang ditawarkan besar untuk menarik masyarakat. Asuransi jenis ini sangat populer, tapi jarang ditawarkan oleh agen asuransi karena sebagiaan besar perusahaan asuransi kini cenderung berfokus pada unit link. Yang direkomendasikan memilih asuransi ini adalah mereka yang mengutamakan masa depan anak di atas segalanya.

 

  1. Asuransi Seumur Hidup (Whole Life)

Asuransi Seumur Hidup (Whole Life)

Asuransi ini memberikan perlindungan seumur hidup, tapi biasanya perusahaan asuransi hanya membatasi hingga 100 tahun. Premi asuransi Whole Life lebih tinggi daripada Term Life, tapi tidak akan hangus jika tak ada klaim. Selain itu, saat kontrak berakhir, uang pertanggungan akan diberikan seluruhnya. Asuransi ini direkomendasikan buat mereka yang tak punya tanggungan dan tak mau merepotkan keuangan keluarga ketika meninggal.

 

  1. Asuransi Dwiguna (Endowment)

suransi ini disebut dwiguna atau punya dua manfaat karena memberikan uang pertanggungan saat tertanggung meninggal dalam periode tertentu. Selain itu tertanggung bisa mencairkan uang tersebut saat tertanggung masih hidup ketika kontrak berakhir. Asuransi ini seperti menggabungkan manfaat Term Life dan Whole Life, sehingga preminya lebih mahal. Asuransi ini direkomendasikan buat mereka yang hendak:

  • Lebih memastikan pendidikan anak
  • Punya dana untuk kebutuhan tak terduga pada masa depan
  • Punya dana pensiun lebih besar

 

  1. Asuransi Unit Link

Asuransi jiwa Unit Link paling sering ditawarkan oleh agen asuransi. Produk ini menggabungkan manfaat asuransi dan investasi. Orang yang memakai asuransi ini biasanya tertarik berinvestasi tapi tak bisa atau takut terjun sendiri sembari tetap memastikan jiwanya terproteksi. Kalau pakai unit link, pahami benar soal uang pertanggungan asuransi agar tak salah paham saat klaim. Tapi jika memang yang dicari hasil investasi yang besar, lebih baik tidak mengandalkan unit link. Sebab imbal baliknya kurang signifikan jika dibandingkan dengan investasi murni, seperti reksa dana atau saham.

 

 

 

Author: 

Related Posts

One Response

  1. Nailul HudaSeptember 11, 2017 at 1:47 pmReply

    Sebenarnya perlu tidak pake asuransi mas, saya ko belum tertarik.

Leave a Reply